Jumat, 06 November 2009

Perkembangan Teknologi dalam Kehidupan Manusia


Sejauh ini, teknologi yang berkembang sangat membantu kehidupan manusia. Di balik hal trersebut, tidak ada yang mengira bahwa manusia dan teknologi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimanakah hubungan antara keduanya?

Questions of Neutrality

Selama ini, masyarakat memandang teknologi sebagai sesuatu yang netral dan bebas nilai. Netral yang dimaksud adalah teknologi memiliki nilai yang sama ke semua orang tanpa kontaminasi tertentu. Hal ini benar apabila melihat teknologi dari sisi fisik dan prinsip dasarnya saja. Sebenarnya, pendapat tersebut salah apabila kita melihat teknologi dari segi penggunaan yang pada akhirnya dipengaruhi oleh aktivitas manusia dan budaya yang bersangkutan. Misalnya, penemuan mobil mesin salju oleh Joseph-Armand Bombardier dari Valcourt, Quebec. Satu mesin yang sama digunakan secara berbeda oleh manusia. Di Indian, mobil tersebut digunakan untuk berburu, di Wisconsin, atlet menggunakan untuk olahraga, sedangkan di perusahaan minyak mobil tersebut digunakan untuk eksplorasi, dan lain sebagainya. Dari contoh tersebut, kita dapat melihat dari segi teknis bahwa teknologi bersifat netral dan ada nilai lain yaitu aspek budaya (cultural) dan aspek organisasional (organizational) yang turut memberikan nilai terhadap teknologi.

Problems of Definitions

Teknologi memiliki tiga aspek penting dalam menentukan definisinya yaitu faktor teknik, budaya, dan organisasi. Faktor teknik mengacu pada kondisi fisik dari teknologi tersebut seperti bahan baku, unsur kimia, dan hal-hal yang bersifat teknis dan mempengaruhi bekerja atau tidaknya teknologi tersebut. Faktor budaya condong kepada aspek ideologis seperti nilai-nilai, ide, dan kreativitas teknologi tersebut. Faktor organisasi yaitu faktor yang ada di balik pembuatan teknologi misalnya manajemen pembuatan dan pemasaran teknologi. Ketiga faktor ini membuat perdebatan tentang definisi teknologi. Kesimpulannya adalah, teknologi yaitu aplikasi ilmu pengetahuan dan pengetahuan organisasi lainnya oleh suatu sistem yang teratur antara manusia dengan mesin. Dua istilah muncul pada definisi yaitu teknikal dan teknologikal. Menurut penulis, teknikal berhubungan dengan aspek teknik yang ada pada teknologi tersebut sedangkan teknologikal berhubungan dengan aspek organisasi dan budaya yang melekat pada teknologi tersebut.

Exposing Background Values

Teknologi terkadang menimbulkan masalah dalam masyarakat. Misalnya, masyarakat India dengan sistem pengairannya yaitu mesin pompa air tangan. Mesin tersebut banyak yang rusak padahal sangat penting karena digunakan oleh orang banyak. Sebagian berpendapat bahwa yang rusak adalah kinerja dan fisik dari mesin tersebut (kerusakan teknikal). Namun, bukan hanya teknik yang jadi masalah melainkan juga perilaku orang India yang tidak menjaga dan memperlakukan dengan baik teknologinya. Hal ini berarti suatu teknologi harus dilihat bukan hanya dilihat dari aspek teknikalnya, melainkan juga dari aspek organisasional dan budaya yang erimgkali diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar